Pages

Friday, October 18, 2019

Movie of the Year : JOKER (2019)

Film Joker di mata saya



Jujur ya film Joker ini keren banget..sutradara dan penulis naskahnya si Mr. Todd Phillips emang juara…kenapa saya bilang keren? Karena film ini menyisakan ruang untuk setiap penonton punya persepsinya sendiri..jadi kayak saya nih..nonton ber-4 sama temen2..film selesai kita debat 1 jam karena kita ber4 persepsinya bener2 beda2 hahaha..Jadi sutradara-nya tuh kek semacam ngasi pesan tersirat “If you get it you get it,if you don’t just take whatever you belive it is” hahahaha kewl!!

BTW ini ada SPOILER yhaaa..jd jgn marah2 kalo belom nonton namanya juga pendapat dan ulasan hehehe..dan ulasannya menurut saya yg nonton ya..penangkapan orang beda2..kalau beda ya monggo kalau misalkeun sama ya monggo wong tujuan sutradara-nya juga begitu..menyisakan ruang diskusi..diskusi ya..bukan berantem,plis jangan berantem sama temen2mu kalo dirasa pendapat mereka berbeda denganmu..karena sumpah kagak worth it bgt sisbro hahaha..

Film ini menceritakan tentang Arthur Fleck,seorang pria berusia 30an yang bekerja sebagai badut , film ini isinya menyelami karakter dia sebelum terkenal dengan sebutan “Joker” dan kenapa dia bisa menjadi seorang Joker.
Film ini dibuka dengan sesi Arthur Fleck sedang melakukan terapi dengan petugas dari dinas sosial,dia diceritakan minum beberapa jenis obat untuk menangkan penyakit mentalnya . Dia tinggal di apartemen reyot dengan ibunya yang sudah tua dan sakit2an,dia itu kemana2 bawa kartu yang isinya menjelaskan bahwa dia tertawa tidak pada tempatnya karena efek samping dari kerusakan otak. Sepanjang film kita diperlihatkan proses bagaimana Arthur diperlakukan semena2,ditertawakan,dipukul,dihina sampai akhirnya dia menemukan suatu rahasia tentang asal usul masa lalunya,dy mengkonfrontasi ,berusaha mencari kebenaran,dan kembali diperlakukan semena2 dan akhirnya dia marah dan BOOM jadilah dia Joker,The Icon of protester in Gotham City.

Jujur ya sebelum nonton film ini,udah banyak bgt berseliweran meme meme di medsos kalau Joker ini adalah orang baik yang menjadi jahat karena disakiti..tapi setelah saya nonton filmya jujur ya ,saya sama sekali gak merasa kalau Joker ini adalah orang baik yang jadi jahat karena disakiti TAPI Joker  ini adalah orang yang punya mental illness saudara saudara..maksudnya apa? Ya maksudnya kita gak bisa mengkategorikan orang yg sakit jiwa (apalagi si Joker yg memang punya beberapa jenis mental illness) sebagai orang jahat atau orang baik..realita orang2 yg sakit jiwa dengan realita orang yg jiwanya sehat tentu sangat jauh berbeda ,seperti yg Joker bilang di film bagi dia membunuh itu lucu (aku lupa kalimat pastinya..coba kalian nonton lagi pas adegan dy diwawancara Murray)..bagi kita yg jiwanya sehat pasti langsung megap2 dengernya tapi bagi dia ya itulah realitanya..ya karena dia sakit jiwa. Jadi ini tuh semacam sindiran sosial kalau orang dengan mental illness harus segera ditangani  dan diobati , mereka berbahaya bagi diri mereka sendiri dan bagi orang lain..tapi pemerintah kota Gotham malah abai , Dana Dinas Sosial dipotong abis2-an sampai Arthur gak bisa mendapatkan obatnya lagi..dan itu sindiran tajem banget waktu si petugas dinas sosial bilang kayak gini “They don't give a shit about people like you, Arthur. And they don't give a shit about people like me either.”   *nyomot quote dr IMDB]

YES,pemerintah,politikus dan semua petinggi pemerintahan gak ada yg bener2 peduli sama masalah kaum miskin seperti Joker , dan perlakuan para orang kaya juga gak lebih baik..despite of being helpful dan being nice ke orang2 yg kurang beruntung mereka malah bersikap sebaliknya, acuh , kasar dan menertawakan kesedihan dan kemalangan orang yg tertindas . Jadi saya nangkepnya ya Joker ini adalah bom waktu,siapapun bisa jadi Joker di society kita kalau isu mental illness tidak pernah ditangani dengan serius ,pendataan kaum miskin yang terkena mental illness belum rapi dan baik serta  budget dana dinas sosial masih sangat minim.

Dan scene orang demo pakai dandanan badut di luar gedung opera sedangkan para petinggi dan orang kaya dengan cuek dan santainya nonton film komedi sambil ketawa2 itu juga ngena banget sih,ngegambarin kalau politikus macem Thomas Wayne itu Cuma bisa bacot doang ambil simpati karena ada pemilihan tapi action-nya nol..like ya bodo amat kalian mau protes protes sana..aku tetap kaya dan berkuasa yuk ah aku mau nonton dulu sana demo sampai capek..bener ngeselin yhaaaa..

Trus pesan lain  yang saya dapat dari nonton  ini adalah BE NICE and BE KIND , be nice and be kind to one another..this world need more LOVE ,saat Arthur Fleck berubah menjadi ‘Joker’ dy bener2 ngebales dan ngebunuh semua orang yang pernah nyakitin dia,Cuma ada 1 orang yg dia perlakukan baik dan gak dia bunuh yaitu temennya si Gary , si  Gary yg udah pucat pasi ketakutan abis nyaksiin Arthur ngebunuh Randall Cuma bisa gemeteran didepan pintu rumah saat Arthur buka kunci pintu dan bilang “You always nice to me Gary.” Trus Gary disuruh keluar..loloslah si Gary..(asli adegan scene ini saya teriak2 sambil tutup muka..ngagetin plus serem huwaaa!!!)

Jadi gimana kalian berharap orang yg sakit jiwa kayak Joker harus bereaksi kalau seumur hidupnya yg dia tau Cuma direndahkan,diketawain dan disakiti? Arthur hampir gak mengenal kasih sayang dan cinta,dia gak tau rasanya disayangi dan dicintai..seumur hidupnya yg bersikap baik aja bisa dihitung dengan jari..Saya ngebayangin misal kalau Tong Sam Chong yang diperlakukan kayak Joker Tong Sam Chong pasti bakal ceramah tentang kosong adalah isi dan isi adalah kosong kepada yg bully dia,karena apa? ya karena seumur hidupnya Tong Sam Chong hidup dengan ajaran Buddha ,begitu juga dengan Arthur, gimana kalian mau ngarepin dy bales kekerasan dengan cinta wong seumur hidup taunya Cuma penderitaan ,kekerasan dan kekerasan.

Jadi plislah..be nice..kamu gak tau apa yg orang lain sudah alami dalam hidupnya..please..don’t create your own monster. BTW ini gak bilang perbuatan Joker bener ya..ini cuma berusaha memahami alasan seseorang dan kenapa dia sampai jadi begitu.

Dan ini nih debat paling menarik sepanjang film : Arthur anak adopsi atau beneran anaknya Thomas Wayne???

Jadi diceritakan kalau Arthur membaca surat ibunya kepada Thomas Wayne yang isinya minta bantuan “for your son” ,jadi disini kita dibikin kaget laaah jd si Arthur anak Thomas Wayne toh..ibunya bercerita kalau dulu dia hamil tapi disuruh merahasiakan kehamilannya sama Thomas Wayne karena apa kata dunia kalau mereka melihat kita bersama Penny? *hiih pen nabok aja gak sih rasanya , nah pas dikonfrontasi ke Thomas Wayne,si TW bilang kalo Arthur itu anak adopsi dan ibunya dia pernah masuk RSJ silahkan cek sendiri katanya dengan gaya jumawa taklupa sambil mendaratkan bogem mentah ke muka Arthur .

Akhirnya si Arthur ngecek sendiri ke RSJ dan emang bener file ibunya lengkap disana semua,termasuk percakapan ibunya dengan psikiater dan surat adopsi..flashback ibunya Arthur bilang “semua Thomas Wayne yang mengatur,agar ini tetap menjadi rahasia kami berdua” ,disitu juga dijelaskan Arthur dari kecil sering disiksa oleh pacar ibunya sampai kepalanya cedera (menjelaskan kenapa dy punya side effect mental illness akiban brain damage injury) .

Kamu percaya yang mana? Politikus tampan bermasa depan cemerlang yang berasal dari keluarga kaya  atau wanita muda mantan pelayan rumah tangga yg lugu tapi (dituduh) delusional??

Serius deh dari rombongan yang saya ajak nonton bareng  Cuma saya doang yang percaya sama Penny Fleck,ibunya Arthur..ini nih menurut saya tes society yg mau disampaikan oleh Todd Phillips..kalian lebih percaya cerita siapa???..ya gak kaget juga kalo orang2 lebih percaya sama Thomas Wayne , why shouldn’t we??..society kita kan jelas dong lebih percaya kalo wanita itu lebih gampang delusi..mosok laki2 ganteng bermasa depan cerah mau sama pelayan di rumahnya dia sendiri? Jangan mimpi kamu Penny!!

Tapi saya tetap percaya Penny Fleck yang jujur, kenapa??? Karena ada 2 clue :

1.       Ekspresi Alfred (pelayan setia Thomas dan Bruce Wayne) di pagar pas tau kalo Arthur anak dari Penny Fleck
Ekspresi Alfred (yg tentu diarahkan sutradara dong yaaa..) disini menggambarkan orang yg takut..takut ketahuan rahasianya..gelagapan panik..lah ngapa panik Alfred ngapaa???!!! kalo si Penny emang orangnya delusional ngapain kamu takut Alfred??? Ya kenapa lagi kalo bukan karena semua yg Penny bilang itu kenyataan.. kalau misal Penny itu delusi trus bohong saya yakin ekspresi Albert saat  memandang Arthur adalah memandang dengan jijik dan merendahkan, bukan dengan tatapan panik ketakutan , takut ketahuan seperti itu.

2.       Foto young Penny Fleck dengan pujian bertanda tangan inisial “TW”
Di menit2 sebelum ending,pas Joker lagi dandan mau ke acara talkshow-nya si Murray,dy gak sengaja memandang foto masa muda ibunya yg emang cantik bingitttt ,lalu dia membalik foto itu dan dibelakang ada tulisan “aku suka senyumanmu Penny -tertanda TW” TW itu siapa lagi sih kalo buka Thomas Wayne elaaah (lalu temen saya bilang ya mungkin aja TW itu si Tom** Wina**! Ah vangkee keluar jalur woi hahahaha..)

Lagian ya..dipikir2 ngapain sih cewek semuda dan secantik Penny yg notabene kerjaannya jadi pelayan  tetiba pengen adopsi anak bayik..buat apaan coba? Apalagi habis diadopsi bukannya disayang malah gak diurus..ngeliat flashback Penny saya malah curiga dia kena PPD (Post Partum Depression) .

It easier for me to believe that Thomas Wayne is a manipulative jerk..ngeframing Penny itu semudah mejentikkan jari buat dia..apalagi Cuma urus surat adopsi palsu dan masukin wanita yg lugu dan kena PPD ke RSJ.

But sure is..orang2 lebih condong percaya kalo Penny delusi..ini ngingetin saya bgt tentang adegan novel Harry Potter di buku ke-6 (SPOILER ALERT!!!!),pas Dumbledore menunjukkan masa lalu Tom Riddle ke Harry ,saat Hepzibah Smith,pemilih Horcrux dibunuh oleh Tom Riddle tapi yang dituduh membunuh adalah Hockey,Peri Rumah tua dan kikuk milih Hepzibah..orang2 dengan mudahnya percaya bahwa Hockey pelakunya tanpa mau menyelediki lebih lanjut..karena apa Harry? Karena dia hanya seorang peri rumah (JLEBB1000x!!!)
Keren kau Om Todd Phillips!!!!

And in the end aku tuh tepuk tangan di bioskop waktu Arthur bilang “Ugh, why is everybody so upset about these guys? If it was me dying on the sidewalk you'd walk right over me! “  *as usual quote nyomot di IMDB
JLEBBBB!!! Because when I saw how people behave in Gotham City,Arthur is definitely right.


In the end film ini tuh sarat pesan makna banget..please..anggap serius orang2 yg punya mental issue,jangan disepelekan apalagi sampai ditertawakan..if you can’t help them by system at least the one thing you could do as a decent human being is BE KIND TO ONE ANOTHER,gak Cuma sama orang yg punya mental issue aja tapi sama semua orang..this world need more LOVE.





Pictures from google.com (in case the picture is myself,that must be from my own gallery :p )

2 comments:

Free Blog Template by June Lily