Pages

Thursday, September 14, 2017

Cemburu ; Why it happened

Cemburu terhadap pasangan
Hasil tukar pikiran dan penjabaran dari sisi perempuan (yaitu saya) dan dari sisi laki laki (yaitu suami)


Cemburu itu ada banyak tergantung objeknya,cemburu sama teman,cemburu sama saudara dan yang saya bahas disini adalah cemburu terhadap pasangan (pacar/istri/suami) . Apa sih cemburu terhadap pasangan itu? Kalau dari saya cemburu itu rasa ketakutan pasangan kita main serong atau bakal direbut sama orang lain. Setiap orang pasti pernah merasa cemburu ,manusiawi banget itu.


Nah pertanyaannya adalah kenapa bisa timbul rasa cemburu?apalagi cemburu ekstrim yang akhirnya berujung kepada tindakan super protective dan kecurigaan berlebihan terhadap pasangan?

Ini yang saya bahas seru sama suami saya ,bertukar pikiran kenapa banyak banget orang yang cemburu berlebihan terhadap pasangan (ya soalnya kami berdua ini jarang bgt ngerasa cemburu apalagi sampai curigaan berlebih,believe it or not,kami saling tahu password HP,medsos dan email masing2 karena dari kami gak ada yg perlu kami sembunyikan).

Saya pernah cerita sama suami “ Yang yang yang tau gak,kasian loh adik kelasku si Z,dikekang banget sama pacarnya,kemana2 harus ngasi tau,ke WC pun harus laporan,pergi sama kita2 cowoknya nelpon terus..ih gak banget..segitu banget jadi pacar padahal jadi suami juga belum!” gitu saya nyapnyap cerita berharap dia ikut ngatain pacarnya si Z hahaha dan suami saya jawabnya lugas banget “ya mungkin adik kelasmu si Z itu pernah melakukan sesuatu yang bikin pacarnya jadi gak percaya sama dia,makanya pacarnya Z jadi super protective berlebih.” Dan saya langsung bengong..saya gak pernah mikir kesana dan akhirnya kita bahas seru tentang cemburu berlebih ini sampai saya jadikan bahan buat blog hahaha..

Kenapa banyak banget orang yang cemburu berlebihan terhadap pasangan? (saking ekstrimnya ada lo temen saya yang masang GPS di hp pasangannya dan dia tiap jam ngecek lokasi pasangannya tersebut..alamak kalo saya mending ngecek lokasi paket belanjaan online saya sudah sampai kota saya apa belum hahaha..)
Kesimpulan saya dan suami ada 5  hal yang bisa bikin seseorang merasa cemburu berlebih terhadap pasangan :

1.       Insecure dari diri sendiri
Insecure ini bisa muncul karena dia merasa tidak secantik/seganteng mantan pasangannya , merasa tidak layak dapat pasangan seganteng/secantik sekarang dan merasa dirinya tidak layak dicintai. Nah kalau kamu merasa seperti ini mungkin lebih baik kamu harus mulai merasa lebih percaya diri,yakinlah kalau kamu pantas dicintai,kalau kamu saja gak mencintai diri kamu sendiri gimana kamu bisa nyuruh orang lain mencintai kamu?ye kan ye kan?
Saya ngambil contoh diri saya sendiri ,  suami saya dokter,semua mantan suami saya adalah dokter dan rekan sejawat dia juga,suami saya hampir setiap hari ya bakal ketemu sama mantan2-nya di RS,setiap kondangan saya pasti ketemu semua mantan suami saya yang dokter dan cantik2..trus saya harus menyiksa diri gitu merasa gak aman dan cemburu setiap suami ketemu sama mantan2nya? Ya enggak dong,believe it or not,saya malah temenan lo sama mantan2 suami saya (walaupun tidak semua) ,saya sama sekali gak pernah merasa rendah diri walaupun saya bukan dokter ,yang bikin saya percaya diri adalah dari sekian wanta yang pernah jadi pacar suami saya,sayalah yang dia pinang untuk jadi istrinya ,milih pacar aja suami saya milih yang bibit bebet bobotnya oke apalagi milih istri huahahhaa..kepedean?yaiyalah..tapi emang salah? Ngapain menyiksa diri sendiri dengan banding2in diri kita sama mantan2-nya pasangan..kalau kata suami,dia daridulu gak pernah minder deketin cewek2 cantik buat dijadiin pacar karena dia ngerasa dirinya layak untuk dicintai (biar kata dulu dia pakai motor butut dan pakai helm kopong dan pake HP jadul)..tssaaah hahaha..rasa percaya dirinya itu lo yang bikin saya kepincut. Hargai dirimu sendiri kalau kamu itu pantas dan layak untuk disayangi dan dicintai. Serius deh..orang insecure dan rendah diri itu sama sekali gak menarik,yang ada malah ngeselin hahaha..


2.       Pasangan melakukan atau pernah melakukan hal2 yang “mencurigakan”
Seperti cerita saya diatas tentang adik kelas saya si Z, kenapa pacarnya segitu protective-nya sama dia? Usut punya usut bener deh kata suami saya ,ternyata adik kelas saya si Z itu pernah selingkuh dan kepergok sama pacarnya,pacarnya maafin dia karena gak mau kehilangan Z apalagi dia sudah ngelamar Z ,dia terima Z apa adanya tapi ya gitu..jadi super duper protective karena takut kejadian lagi , takut Z selingkuh lagi.
Jadi kadang perasaan cemburu itu timbul karena tindak tanduk pasangan kita misalnya sudah berpasangan tapi masih chatting intense dengan lawan jenis sampai tengah malam, pergi berdua dengan lawan jenis tanpa bilang sama pasangan dan hal hal semacam itu , kalau itu yang terjadi yg perlu kita lakukan menurut kami (saya dan suami) adalah BERPIKIR ULANG,iya..berpikir ulang,layakkah orang itu tetap menjadi pasangan kita? Lah kok jadi ekstrim hehehe..iya dong..intinya gini..pasangan kamu sudah tidak menjaga perasaan kamu dengan melakukan hal2 yang membuat kamu tidak nyaman,emangnya enak setiap hari hidup penuh dengan rasa tidak nyaman dan penuh kecurigaan??? Pasti gak nyaman kan? Trus kalo sudah gak enak dan gak nyaman kenapa tetap kamu pertahankan? Makan gak enak tidur gak enak ngapa2in..tersiksa abis akhirnya kantong mata jadi tebal dan muka jerawatan hiiiiiii…*jikping
Trus banyak yang jawab..kita bertahan karena cinta? Hellooooo..cinta?kalau pasanganmu beneran cinta sama kamu dia gak bakal melakukan hal2 yg bikin kamu curiga dan tersiksa dong? Karena cinta?kenapa kamu gak memilih untuk lebih cinta sama dirimu sendiri dengan bersikap tegas kalau kamu tidak layak diperlakukan seperti itu.Cintailah dirimu sendiri dengan berprinsip bahwa YOU DESERVE ALL THE BEST THING,including deserve a better person to be your girl/boyfriend/husband/wife.
Ambil contoh kasus suami saya,dia pernah punya mantan yang bikin seluruh hidup dia gak nyaman,gak nyaman karena apa?karena si mantan ini gelagatnya mencurigakan..nerima telpon diam2,pergi tanpa bilang kemana (dan ternyata jalan bedua sama laki2 lain) intinya suami saya saat itu hidupnya gak tenang..kita sebagai manusia dibekali insting,termasuk insting untuk mengetahui gelagat manusia..dan insting dia mengatakan mantannya itu ada main sama lelaki lain,akhirnya dia ambil tindakan tegas..dia minta putus . Dia merasa tidak layak diperlakukan seperti itu dan tidak dihargai ,secantik apapun perempuan itu kalau sudah menginjak2 harga diri seperti itu ya tinggalkan saja..itulah prinsip suami saya (sampai sekarang). Dan setelah putus baru ketahuan ternyata memang mantannya itu selingkuh..setelah putus suami bilang hidupnya jadi lebih tenang.
Saya bersyukur bertemu pasangan seperti suami saya,walaupun teman2nya banyak yang perempuan,dia tahu bagaimana cara menjaga perasaan saya,tidak pernah chatting sampai tengah malam sama wanita lain,keluar berdua sama wanita lain tanpa bilang,HP selalu open kalau saya mau lihat ,kapan itu mau nganterin teman wanitanya pulang dia telpon saya dulu,waktu itu dia lagi kumpul2 geng kuliah dan dia nganter temannya karena pacar si teman gak bisa jemput dan itu sudah malam,saya malah bangga dia mau bersikap gentleman nawarin temannya pulang dengan selamat..kuncinya ya Cuma satu,yg penting saling komunikasi memberitahu,kalau memang gak ngapa2in ya kenapa harus takut untuk sekadar memberitahu pasangan dan begitu juga sebaliknya , saya juga sebagai perempuan dan istri harus bisa jaga sikap,sudah jadi istri orang ya jangan pergi berduaan sampai malam sama lawan jenis,walaupun teman dekat banget tetep aja tidak pantas (menurut kami lo ya…gak tau menurut org lain),apalagi sampai chatting dan curhat2 mendalam sampai subuh..helloooooo..sumpah itu gak pantes bgt yaaaaa..
Jadi intinya kalau kamu gerah punya pacar cemburuan mungkin kamu harus berkaca kembali apa jangan2 sikap dan perilakumu sendiri yang bikin pasanganmu jadi cemburuan.

3.       Pasangan didekati lawan jenis
Nah kalau ini sih emang ngeselin ya..manusiawi banget pasti cemburu,cemburu lebih ke kesal sih..sudah tau ada pasangannya kok masih didekati , kalau begini sih kuncinya yang pertama adalah lihat sikap pasangan kita sikapnya bagaimana,apakah menanggapi perhatian si lawan jenis atau malah cuek , kalau pasanganmu malah ikut bergenit2 ria yaudah sih..lambaikan tangan bilang BYE , nah kalau pasanganmu gak menanggapi harusnya kamu bisa lebih tenang dan usul mungkin ajak orang yang mendekati pasanganmu itu bicara baik2..kalau orang well-educated pasti bisa mengerti kalau tetep nekad juga gak ada salahnya laporkan ke pihak berwajib atas tuduhan melakukan perbuatan tidak menyenangkan (super ekstrim) biar kapok hahaha..


4.       Dirinya sendiri selingkuh dan parno pasangannya melakukan hal yang sama di belakang dia
Ini nih yg bener2 paling kampret..kadang kita menilai orang lain sama seperti diri kita. Jadi ada nih temen kantor perempuan curigaan bgt sama suaminya ,cemburuan suaminya gak boleh ngobrol sama cewek2 lain, padahal saya lihat suaminya (suaminya 1 kantor juga) itu tipe2 baik bukan pecicilan ke cewek2 gitu..makanya saya heran ngapain dia curigaan bgt sama suaminya,saya lihat dia insecure juga enggak,suaminya gelagatnya juga gak aneh2..eh usut punya usut ternyata belakangan baru saya tahu,temen perempuan saya itu sedang selingkuh sama orang lain yg beda kantor..Oh My God,dia yg berbuat dia yg parno..apaan coba -_-“
Jadi saran kami untuk kamu yg cemburu karena kamu sendiri juga lagi selingkuh adalah stop doing that! Kalau kamu saja marah dan takut pasangan kamu selingkuh kenapa kamu lakukan hal yang kamu takutkan terjadi pada kamu? Adil sejak dalam pikiran..gak mau sakit ya jangan menyakiti dong..tapi ya terserah kamu aja sih..intinya cemburumu itu adalah hasil dari perbuatanmu sendiri


5.       Cemburu karena cemburu aja..titik (alias mental anak kecil)
Pasangannya ngobrol sama lawan jenis dia ngambek cemburu,pasangannya telat ngabarin/ngechat langsung ngambek curigaan yang enggak2, pasangannya main HP langsung bikin scenario sendiri di kepala jangan2 pasangannya lagi chatting sama selingkuhan, pasangannya nge-like medsos lawan jenis langsung ngamuk ,pasangan sekali2 pingin malam mingguan sama teman2 langsung ngamuk dan curigaan dsb dsb dsb padahal semua yg dilakukan pasangannya masih dalam tahap wajar. Nah itu kenapa ? Susah juga ya..kalau masih mental “anak kecil” alias mental semua kepunyaanku gak boleh ada yang pegang2..persis kayak anak saya dirumah,mainannya gak boleh ada yg ngambil selain dia hahaha.. Trus saran kami  buat anda2 yang cemburu tanpa alasan yang valid adalah GROW UP please,pasangan kamu bukan mainan bukan barang bukan pajangan,dia juga punya aspek kehidupan lain selain dirimu , give her/him some space , kenapa kamu gak perbanyak kegiatan lain untuk dirimu sendiri selain bersama pasangan misalnya baca novel2 seru di waktu luang,shopping bareng temen2,ngajak anjingmu jalan2 ke taman/pantai,Yoga gratis di alun2 atau kegiatan apapunlah yang bikin pikiranmu fokus ke hal lain saat pasangan tidak ada disampingmu , kadang overthinking sampai cemburu berlebih di kasus kamu itu ada karena kamunya gak ada kerjaan,simply perbanyak aja kegiatan positif daripada jadi orang clingy yang gak bisa apa apa tanpa pasangan.

6.       SUPER CASE : Karena dia pacar/suami/istri orang lain tapi kamu nganggep dia pasangan hidupmu
Kalau begini kasusnya yasudah sih mbak/mas…ikhlas dan relain aja..situ gak punya hak buat cemburu , mending situ fokus cari pasangan yang bukan milik orang lain #uhukkkkkkk


Nah sekian ulasan pemikiran dari saya dan suami..pepatah bijak bilang “Knowing yourself is the beginning of every wisdom.” , saat kamu merasa cemburu dan cemburu itu sudah dalam taraf mengganggu hidupmu coba kamu pikir2 lagi kamu cemburu gara2 apa,siapa tahu salah satunya ada dari ulasan2 diatas dan tulisan ini bisa jadi pertimbangan hal apa yang bisa kamu lakukan untuk menanggulangi rasa cemburu kamu (cieeee…. Hahaha…) semoga membantu and don’t forget :  be happy,the choice is in your hand,not others..Ciaooooooooo




















Pictures from google.com (in case the picture is myself,that must be from my own gallery :p )

Comments:

Post a Comment

Free Blog Template by June Lily