Pages

Wednesday, June 14, 2017

Bahagia ituuuu....


Bahagia





Bahagia

Bahagia itu kita sendiri yang atur , bukan dari orang lain

Kuncinya apa? Kunci dari bahagia itu adalah bagaimana cara kita memandang hidup dan BERSYUKUR , simple kan?

Pernah baca quote yang bagus dan mengena banget di Twitter :

“Life is a series of tiny miracles. NOTICE THEM.” –Unknown

Yang artinya kurang lebih : Hidup adalah rangkaian dari keajaiban keajaiban kecil, Perhatikanlah. (Duh jadi gak keren yesss setelah di translate jadi Bahasa Indo hahaha..)

Dan itu mengena banget buat hidup saya. Keajaiban itu ada disekitar kalian cuma kalian aja yang suka gak sadar..dan kenapa suka gak nyadar? ya karena kurang bersyukur.

Ada kejadian yang bikin saya merenung , Di suatu Minggu pagi yang super sibuk , bangun pagi,masak buat si kakak,adik ribut minta ASI,cucian numpuk dan si kakak dan adik gentian koor nangis teriak2 ,kepala udah mau pecah dan emosi saya sudah membuncah , trus suami saya ngelewatin saya dan komentar “Kok cemberut yang,ayo senyum dong.” Dan detik itu juga saya mau teriak ngedamprat suami dan mau bilang APA YANG MAU DISENYUMIN? Tapi begitu saya mau buka mulut ngucapin kata kata itu saya langsung tertegun,terdiam kepikiran pertanyaan yang mau saya lontarkan dengan penuh emosi itu
:” APA YANG MAU SAYA SENYUMIN?”

Dan secara tidak sadar saya menjawab sendiri pertanyaan itu

APA YANG MAU SAYA SENYUMIN?

BANYAAAAK , banyak hal yang bisa bikin saya tersenyum detik itu,saya punya rumah yang kondisinya baik,saya punya pekerjaan yang baik,makan 3x sehari tanpa pernah mikirin besok masih bisa makan apa enggak,saya punya suami yang baik perhatian dan setia sama saya,hubungan damai adem ayem sama mertua,saya dianugrahi dua anak yang lucu sehat dan aktif ,yang saya sadar tidak semua orang bisa merasakan hal yang saya punya dan rasakan.

Dan akhirnya saya gak jadi ngedamprat suami,yang ada saya senyumin suami semanis mungkin (semanis ibu ibu yg bangun subuh setelah bagadang nyusuin bayi , belom mandi dan belom sisiran bisa lakukan hahaha..)

Di era medsos ini banyak banget temen2 saya yang silau lihat kehidupan mewah para artis,lihat isi Instagramnya Syahrini langsung ngiler pengen punya tas hermes 1 lemari bahkan sampai ngutang kartu kredit beli barang2 mewah yang intinya ya buat di upload di Instagram (buat pamer ujung2nya) , lihat Instagram Nia Ramdhani langsung ngiler kapan bisa hidup enak dan mewah kayak doi yang punya suami kaya akhirnya jadi kesal sama suami sendiri kenapa suami duitnya gak sebanyak duitnya suami Nia Ramadhani (laaah?) , Liat Instagram Andien jadi kecewa sama diri sendiri dan anak sendiri kenapa gak bisa jadi ibu yang perfect buat anak dan kenapa anaknya gak sepintar anaknya Andien. Dan salahkan itu semua ? Saya gak bilang itu salah saya Cuma mau nanya? Kenapa anda anda ini harus menyiksa diri segitunya? Kenapa anda harus ngutang untuk bergaya di medsos, kenapa anda harus silau sama kehidupan yang diatas tanpa mau pernah membandingkan dengan kehidupan orang2 yang lebih gak punya dari anda . Kenapa anda harus kecewa sama diri anda yang sudah berusaha samaksimal mungkin jadi ibu yang baik tapi gara2 liat medsos malah ngedumel dan gak bersyukur dan ujung2nya kecewa sama anak sendiri? Kenapa?

Semuanya pilihan anda,pilihan bagaimana cara anda memandang hidup anda sendiri . Saya daridulu terbiasa membeli barang karena fungsinya dan karena saya suka sama barang itu,mau barang itu bermerk apa enggak itu urusan nomer sekian. Pamer gak salah kok tapi pamerlah sesuai kemampuan,kalo gak mampu ya ngapain harus maksain diri ampe ngutang dan itu Cuma demi dapat banyak likes di Instagram dan akhirnya punya banyak likes itu untuk apa?apakah semua likes itu bisa nutupin utang2 kamu? Enggak kan?

Demi terlihat keren dan punya banyak teman? Jadi kamu bakal punya banyak teman kalau kamu pake barang2 branded? kok kamu mau ya punya teman yang hanya memandang dari merk barang yang kamu pakai? Kasihan sekali…. Sahabat2 dekat saya tidak banyak,mungkin bisa dihitung jari tapi mereka mau menerima saya yang kemana mana masih seneng pake sandal jepit dan celana jins robek2 tanpa merk dalam suka maupun duka..Cari teman itu kan pilihan..kenapa kamu gak nyari teman yang mau nerima kamu apa adanya dibanding menyiksa diri dengan segala keglamoran semu?

Iri dan mupeng kepingin hidup mewah kayak artis? Nobody’s life is perfect, di balik keglamoran isi Instagram mereka kita tidak pernah benar2 tahu bagaimana kehidupan mereka sebenarnya tapi tentu yang dipilih untuk diposting tentu yang bagus bagus aja dong..sama kayak kita ini mau upload foto di Instagram aja pasti milih yang pualing bagus dong..itupun masih diedit2 dan di filter ya kan yak kan? Hahaha.. Jangan karena kita silau melihat hidup orang lain kita jadi lupa bersyukur sama semua yang kita punya.

Dan ini nih,liat ibu baru kayak Andien yang kayaknya perfect banget jadi ibu jadi bikin kita minder? Why? Kenapa kita masih menyiksa diri kita dengan pikiran2 seperti itu ibu ibu..Apalagi sampai keluar kata2 “kenapa anakku gak sepinter anaknya Andien?” itu omongan macam apa coba?bener2 omongan tidak bersyukur. Kenapa masih saja menyiksa diri dengan banding2in anak sendiri  dengan anak orang lain. Saya pernah nulis di Instagram  tentang anak saya yang mau umur 2,5 tahun,cowok,dan tidak senang naik sepeda..kakek neneknya sampai beliin sepeda 2 buah tapi ditolehpun tidak oleh anak saya hahaha..saya tenangkan kakek neneknya yg cemas kenapa anak saya gak kayak anak anak seumurannya yang suka naik sepeda. Simpel saja..ya karena setiap anak itu BEDA BEDA, Bagi saya anak itu ibarat benih,benih yang dititipkan oleh Tuhan kepada saya dan suami dan benih yang dititipkan Tuhan kepada setiap orangtua itu berbeda beda,benihnya berbeda,saat tumbuh dari tunas menjadi ‘pohon’ dan saat berbuah pun pasti berbeda , ibarat benih apel dan benih jeruk saat prose tumbuh pasti mempunyai ciri yang berbeda begitu pula yang namanya anak anak. Ibu ibu kenapa sih suka cari penyakit sendiri bandingin anaknya sama anak orang lain, kalau saya paling anti bandingin anak saya sama anak lain apalagi mematok anak saya sama seperti anak lain..Why should I? Anak saya hebat dengan caranya sendiri J daripada fokus sama apa yg dianggap ‘kekurangan’ kenapa ibu ibu gak fokus sama kelebihan dan bakat tersembunyi anak anaknya..Anak saya laki laki,perawakannya kecil kurus dan gak suka main sepeda tapi saya gak pernah minder sama anak2 lain yang seumuran sama anak saya tapi badannya gede,biar kata dikomenin "Ih kok anaknya kecil ya,kurus ya?" saya gak pernah ambil pusing(saya kasi makan anak saya 3-4x sehari dengan asupan bergizi loo..gak saya siksa dan saya biarkan kelaparan hahaha),saya fokus melihat kelebihan anak saya yang di usia hampir 2,5 tahun lebih senang belajar menulis,belajar bentuk lingkaran,kerucut dan trapezium,belajar nama tanaman blestru,bratawali,ketepeng cina dan menghafal kata kata sulit seperti Forklift dan Xylophone. Saya tidak butuh likes dan kekaguman dari orang2 untuk merasa bangga kepada anak saya sendiri.

Ketika sudut pandang diubah begitu banyak hal yang bisa membuat kita bersyukur.

Dan ini saya terapkan di kehidupan saya sendiri, di hari ulang tahun saya suami gak bisa nemenin saya makan siang ,suami lagi banyak pasien dan gak bisa ninggalin RS dan akhirnya saya makan siang sendirian di mall,iya sendirian hahaha di hari ulang tahun saya itu,kalau saya memandang dari sisi ngedumel trus bandingin suami saya sama suami teman saya yang pas teman saya ultah ngasi kado+bunga+ngajak makan malam romantic di restoran mewah ya kelarrrr..yang ada saya ngedumel seharian trus ngambek sama suami dan akhirnya tidur gak nyenyak hahaha..tapi saya lebih memilih memandang hari ulang tahun saya sebagai hari penuh syukur diberi 1 tahun lagi kehidupan oleh Tuhan untuk dihabiskan bersama orang2 tercinta dan saya pergi ke mall , pergi ke Periplus borong buku menebus semua promo diskon ultah saya hahaha..dan saya beryukur masih punya rejeki untuk menghabiskan uang beli kado untuk diri saya sendiri..keluar dari mall pegang bungkusan donat J.Co dan kantong Periplus saya merasa super HAPPY.. See? kita tidak perlu orang lain untuk membuat kita merasa bahagia, Bahagia itu ya kita sendiri yang atur. Suami saya yang malah merasa gak enak bgt sama saya..pulang kantor dia nyiapin kue kecil dan lilin..saya tiup bareng suami dan anak2..suami saya minta maaf mohon maklum dirayain sederhana sekali seperti ini dan saya Cuma bilang “Saya sudah diberi suami hebat dan anak2 yang sehat lucu dan aktif,I have it all.”

Saat saya sudah mau marah dan emosi karena capek ngurusin duo batita yang aktif dan pingin nangis rasanya karena ya emang cuapekkkkk banget ,saya langsung teringat teman kuliah saya yang baru saja kehilangan anaknya yang berusia 6 bulan setelah menghabiskan waktu 4 bulan dirawat dirumah sakit . Saya akhirnya merasa bersyukur masih dikasi capek karena anak2 saya yang aktif dan sehat dan emosi saya langsung hilang.

Saat saya pulang pergi kantor naik bus sarbagita , lelah dan capek dan kehujanan , duduk didepan saya ibu ibu pedagang kaki lima yang berjualan sambil menyusui anaknya yang masih bayi ,saya langsung bersyukur betapa hidup saya masih jauh lebih beruntung dan sangat enak dibandingkan dengan dia yang bekerja banting tulang sambil membawa anak.

Terkadang kita silau mendongak keatas berusaha melihat utuh matahari sampai mata ini menjadi sakit sampai lupa kalau tidak ada salahnya sesekali kita tertunduk memandang bumi yang hijau dan menyejukkan mata ini. 

Kadang kita terlalu silau melihat kehidupan mewah orang2 yang berada diatas kita tanpa pernah ingat menoleh kebawah dan bersyukur betapa beruntungnya hidup yang kita punya ini.


Dan sebenar benarnya memang bahagia itu kita sendiri yang atur .

























Pictures from google.com (in case the picture is myself,that must be from my own gallery :p )

Comments:

Post a Comment

Free Blog Template by June Lily